Tuesday 10 July 2018

Masalah lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar rumah dan kampus


Vidya Susanti
37415029
3ID09
Tugas 4 softskill

Masalah Pencemaran Lingkungan di sekitar lingkungan
            Pada zaman yang semakin berkembang pesat, sering kali masyarakat tidak peduli bahkan acuh terhadap lingkungan, dan ketidak pedulian masyarakat terhadap lingkungan tentunya menyebabkan masalah pencemaran lingkungan. Hakikatnya, pencemaran lingkungan perlu mendapatkan perhatian lebih karena lingkungan yang tercemar dapat mengakibatkan beberapa gangguan, misalnya gangguan kesehatan bagi diri masyarakat itu sendiri, bencana alam, dan lain sebagainya. Pencemaran terhadap lingkungan seharusnya mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak terjadi dampak yang semakin parah dan berkepanjangan.
            Disini saya sebagai penulis, ingin memberi suatu contoh nyata masalah pencemaran lingkungan yang terdapat di lingkungan rumah saya. Masalah pencemaran yang terjadi yaitu seringkali masyarakat sekitar sering membuah sampah di jalan atau tidak pada tempatnya, selain itu masyarakat sekitar juga sering kali membuang sampah bekas jajanan atau sampah plastik kedalam saluran air atau selokan. Dan permasalahan pencemaran lingkungan yang terjadi di sekitar rumah saya yaitu, adanya salah satu penduduk yang sering membakar sampah di area pemukiman warga yang menyebabkan terjadinya polusi udara akibat pembakaran sampah yang asal. Dampak yang terjadi dari permasalahan pencemaran lingkungan mengenai warga yang membuang sampah di jalan atau tidak pada tempatnya yaitu menyebabkan lingkungan terlihat kumuh, kotor. Penanganan yang harus dilakukan yaitu warga sekitar seharusnya memiliki kesadaran diri terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, atau ketua RT dan warga sekitar gotong royong membersihkan sampah-sampah yang berserakan di jalan agar lingkungan sekitar menjadi lebih bersih, sedap dipandang, dan tentunya mencegah penyakit yang kapan saja dapat menyerang penduduk sekitar. Dampak yang terjadi dari permasalahan pencemaran lingkungan yang kedua yaitu masyarakat yang sering kali membuang sampah bekas jajanan dan sampah plastic pada saluran air atau selokan air yaitu tentunya dapat mengakibatkan selokan air menjadi tersumbat dan jika terjadi hujan dapat menyebabkan banjir dikarenakan saluran air atau selokan sudah tidak dapat menampung air hujan karena banyaknya sampah yang menyumbat saluran air. Penanganan yang harus dilakukan terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan cara penduduk sekitar melakukan gotong royong untuk mengambil sampah yang terdapat pada saluran air sehingga saluran air atau selokan menjadi bersih dan dapat menampung air hujan sehingga tidak menyebabkan banjir. Dampak dari permasalahan pencemaran lingkungan mengenai salah satu warga sekitar yang suka membakar sampah di area pemukiman warga, yaitu dapat mengakibatkan polusi udara yang tentunya dapat mengganggu kesehatan warga sekitar terutama gangguan pernapasan. Penanganan yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan nasehat atau teguran pada warga tersebut dengan memberikan alasan dan saran yang tepat dan memberikan tempat pembakaran sampah khusus agar tidak membakar sampah di area pemukiman warga, sehingga tidak mengganggu warga di sekitarnya.
            Kedua, saya mengambil contoh nyata permasalahan lingkungan yang terdapat di lingkungan sekitar kampus. Masalah pencemaran lingkungan yang terjadi yaitu banyaknya polusi dan debu yang mengganggu para pengendara yang melintas pada area jalan raya sekitar kampus. Dampak yang terjadi yaitu dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan menyebabkan makanan yang dijual di sekitar kampus menjadi kotor dan tidak sehat karena terkena polusi udara. Penyebabnya yaitu karena kurangnya pohon yang sebenarnya berfungsi untuk menyerap polusi udara baik dari pembangunan jalan tol ataupun asap kendaraan. Penanganan yang harus dilakukan yaitu seharusnya dengan melakukan reboisasi atau penanaman kembali pohon yang telah ditebang agar lingkungan tidak gersang atau panas, dan tentunya polusi udara yang terjadi bisa lebih berkurang.

No comments:

Post a Comment